2015-03-27: Disiplin adalah sikap yang harus terus dijaga dan dilaksanakan | 2015-03-27: Pajak merupakan pendapatan utama pemda Sukabumi | 2015-03-27: Sukabumi membaik dari tahun sebelumnya: info |
Pencarian

Kalender & Kontak
Link
Polling

Statistik User
167294
Pengunjung hari ini : 50
Total pengunjung : 84138
Hits hari ini : 94
Pengunjung Online : 1
Diposting tanggal: 29 Maret 2017

BIDANG PEMBANGUNAN SANPRAS DESA

KABUPATEN SUKABUMI

A TUGAS POKOK DAN FUNGSI
 

Bidang Bina Pengembangan Desa dipimpin oleh Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Badan melalui Sekretaris, Bidang Bina Pengembangan Desa membawahkan Sub Bidang Bina Sarana Prasarana Desa dan Sub Bidang Analisis Data dan Evaluasi Pembangunan Desa yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Badan di bidang pembinaan pengembangan desa.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Bidang Bina Pengembangan Desa mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana dan program kerja Bidang Pengembangan Desa.
  2. Penyusunan bahan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi dan evaluasi di bidang Pengembangan Desa.
  3. Pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan pelaksanaan tugas di bidang bina sarana prasarana desa; analisis data dan evaluasi pembangunan desa.
  4. Pembinaan terhadap Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa.
  5. Pelaksanaan pengembangan desa.
  6. Pelaksanaan tugas pembantuan di bidang tugasnya
  7. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama di bidang tugasnya.
  8. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan tugas.
  9. Pelaporan Hasil Pelaksanaan Tugas
   
 
   
B

PELAKSANAAN KEGIATAN DI BIDANG BINA PENGEMBANGAN DESA TAHUN 2014

 

Ada beberapa Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Bina Pengembangan Desa pada Tahun 2014, diantaranya:

Lomba Desa

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan, dijelaskan bahwa penyelenggaraan Perlombaan Desa/Kelurahan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi dan tingkat Nasional.

Perlombaan Desa/Kelurahan merupakan kegiatan evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas dasar usaha masyarakat desa/kelurahan yang dititik beratkan kepada Data Profil Desa selama 2 (dua) tahun terakhir agar biasa dibandingkan tingkat perkembangannya. Selain itu, dengan melakukan penilaian terhadap data kuantatif dan kualitatif keberhasilan di Desa

Dalam Perlombaan Desa/Kelurahan di titik beratkan kepada prosentase tingkat perkembangan Desa/Kelurahan dari masing-masing indikator kinerja Pembangunan Masyarakat Desa/Kelurahan yang mencakup Indikator sebagai berikut :

  1. Pendidikan Masyarakat
  2. Kesehatan Masyarakat
  3. Ekonomi Masyarakat
  4. Ketentraman dan Ketertiban
  5. Partisipasi Masyarakat
  6. Pemerintahan
  7. Lembaga Kemasyarakatan
  8. Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga

Diharapkan dengan adanya Perlombaan Desa/ Kelurahan, desa tersebut akan mengalami perubahan tingkat perkembangan Desanya dari Desa Swadaya menjadi Swakarya dan seterusnya, sehingga menjadi desa yang maju dan mandiri

Berdasarkan Hasil Penilaian terhadap seluruh desa juara Tingkat Kecamatan oleh Tim Penilai Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Sukabumi, yang terdiri dari : Unsur BPMPD, Unsur Dinas Pendidikan, Unsur Dinas Kesehatan, Unsur Kantor Kesbangpol Linmas dan Unsur TP PKK Kabupaten Sukabumi menetapkan nama-nama desa juara hasil penilaian Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2014, yaitu :

  1. Desa Panumbangan Kecamatan Jampangtengah (Juara I)
  2. Desa Berekah Kecamatan Bojonggenteng (Juara II)
  3. Desa Cikaret Kecamatan Kebonpedes (Juara III)
  4. Desa Pulosari Kecamatan Kalapanunggal (Juara Harapan I)
  5. Desa Lengkong Kecamatan Lengkong (Juara Harapan II)

Penetapan desa-desa Juara tersebut, sebagaimana tercantum dalam Keputusan Bupati Sukabumi Nomor : 141/Kep.340-BPMPD/2014 tentang Penetapan Nama-Nama Desa Juara Hasil Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2014

 

Profil Desa

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan, dijelaskan bahwa dalam rangka mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral, sehingga perlu disusun data profil desa dan kelurahan.

Data profil desa dan kelurahan perlu didayagunakan untuk mendorong perkembangandesadan kelurahan  swadaya dan swakarya menjadi desa dan kelurahan swasembada. Profil Desa dan Kelurahan adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan  dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan.

Tingkat perkembangan desa dan kelurahan yang mencerminkan keberhasilan  pembangunan desa dan kelurahan setiap tahun dan setiap lima tahun diukur dari  laju kecepatan perkembangan : (1) ekonomi masyarakat; (2) pendidikan masyarakat; (3) kesehatan masyarakat; (4) keamanan dan ketertiban; (5) kedaulatan politik masyarakat; (6) peran serta masyarakat dalam pembangunan; (7) lembaga kemasyarakatan; (8) kinerja pemerintahan desa dan kelurahan; dan (9) pembinaan dan pengawasan.

Hasil evaluasi keberhasilan kegiatan pembangunan setiap tahun akan menentukan laju perkembangan desa dan kelurahan dalam kategori cepat berkembang, berkembang, lamban berkembang dan kurang berkembang.

Sumber informasi dalam pengumpulan data profil desa dan kelurahan adalah kepala keluarga, pengurus RT, pengurus RW, kepala dusun, kepala lingkungan, kepala desa, lurah dan perangkat desa dan kelurahan, pengurus TP-PKK dan lembaga kemasyarakatan serta unit pelaksana teknis satuan kerja perangkat daerah dan perangkat pusat yang ada di Desa, Kelurahan Dan Kecamatan

   Dukungan Manajemen TMMD dan BSMSS
 

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) merupakan program kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI disemua Wilayah KODIM di Wilayah KODAM III / Siliwangi dalam rangka kemanunggalan TNI dengan masyarakat serta Dharma Bhakti TNI dalam perjuangan bangsa untuk mewujudkan cita-cita nasional dengan melibatkan TNI sebagai alat pertahanan dalam menjalankan peran teritorial untuk menunjang pembangunan yang dilaksanakan tanpa mengabaikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam rangka pembinaan teritorial. Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa dan TNI Manunggal Membangun Desa  disamping program dari Satuan Atas, juga merupakan Kegiatan Pembinaan Teritorial bagi Komando Distrik Militer (KODIM) 0607 Kota Sukabumi dan KODIM 0622 Kabupaten Sukabumi.

Dalam pelaksanaannnya Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) adalah memelihara dan memperbaiki sarana dan prasarana. Disamping kegiatan fisik tersebut itu juga dilaksanakan kegiatan-kegiatan non fisik yaitu penyuluhan, penerangan dan ceramah dengan materi Kesadaran Bernegara dan Bela Negara, Pam Swakarsa serta KB dan Kesehatan.

Keberhasilan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan Bhakti Siliwangi Satata Sariksa (BSMSS) perlu didukung oleh semua stakeholders, baik itu Pemerintah Daerah, TNI/KODIM maupun anggota masyarakat
   Fasilitasi Sarana Prasarana Perdesaan
 

Keberhasilan suatu pelayanan umum di lingkup desa selain tergantung dari sumberdaya manusia yang ada juga perlu didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dalam pelaksanaan tugasnya.

Ketersediaan Sarana Prasara merupakan faktor pendukung yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja Pemerintahan Desa. Oleh karena itu, dengan anggaran yang tersedia Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sukabumi berupaya untuk membantu menyediakan sarana mebelair bagi desa-desa yang betul-betul membutuhkan dan desa-desa yang menjadi Juara Lomba Desa tingkat Kabupaten Sukabumi
   
 
   
   Pendampingan Bantuan Provinsi
 

UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa,  menempatkan Desa dapat sebagai garda terdepan dalam pembangunan yang langsung dengan masyarakat oleh karenanya Desa merupakan salah satu ujung tombak yang terlibat langsung dalam proses pelayanan kepada masyarakat secara berkelanjutan.

Karena itu, kedudukan desa menjadi pintu masuk pertama dan utama dalam membicarakan masalah desa. Bagaimanapun kedudukan desa akan sangat menentukan kewenangan desa, hubungan desa dengan supra desa, susunan pemerintahan desa, maupun sumber-sumber keuangan desa. Kejelasan kedudukan desa juga menjadi bagian dan mendukung upaya menunjang tingkat pelayanan kepada masyarakat.

Berpijak dari hal tersebut, maka diperlukan adanya dukungan sarana dan prasarana yang memadai sebagai upaya untuk menunjang perekonomian masyarakat dan pelayanan kepada masyarakat

Provinsi Jawa Barat melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa pada Tahun 2014 akan meluncurkan berbagai program pembangunan untuk desa-desa yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat sehingga membutuhkan adanya biaya pendampingan dari Pemerintah Daerah.

Menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tersebut, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sukabumi perlu melakukan survey, menyiapkan data, melaksanaan pendampingan dan pengawasan agar pelaksanaan program tersebut dapat berjalan dengan baik dilapangan

   Pendampingan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
 

Salah satu agenda penting yang harus diperhatikan semua penggiat Program PLTS adalah pasca konstruksi. Fase tersebut lazim disebut sebagai fase atau tahap pemanfaatan dan pengelolaan dari semua sarana (fisik dan non fisik). Kelembagaan KPP juga harus melakukan perannya sebagai lembaga pengelola sarana PLTS yang siap memandirikan kelembagaannya untuk kepentingan kesinambungan program.

Pada Tahun 2014 Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendapatkan alokasi bantuan alat PLTS dari Pemerintah Pusat sebanyak 40 unit yang diberikan kepada warga Desa Cicadas Kecamatan Cisolok. Sebagai upaya pendampingan pemberian bantuan alat PLTS tersebut, BPMPD Kabupaten Sukabumi mengadakan pelatihan pasca konstruksi PLTS Solar Home System bagi pengurus KPP PLTS di Desa Cicadas Kecamatan Cisolok
   
C PENUTUP
  Demikian gambaran umum tugas pokok dan fungsi Bidang Bina Pemgembangan Desa serta pelaksanaan kegiatan di Bidang Bina Pengembangan Desa pada Tahun Anggaran 2014. Semoga dapat bermanfaat bagi seluruh stakeholders yang memerlukan